Sabtu, 03 Desember 2016

Filsafat Pendidikan Freire

Hakikat Pengetahuan
- wujud pengetahuan: tulisan ( word, text) dan realitas (world, context): reading the world- reading the world, reading the text-reading the context.
- World, context; indikator-indikator (artifak) lingkungan sosial-budaya, tanda-tanda zaman, grand narratives.
- Context of research: discovery and justification. Discovery adalah penciptaan pengetahuan.

Hakikat Manusia

- Capain kesadaran terdiri atas 3 tahapan:
      -kesadaran magis ( kebergantungan mati kepala kuasa yang tak-terpahami, misteri/magis, supernatural).
      -kesadaran naif (ketiadaan daya kritis, penyederhanaan realitas, hanya realitas permukaan yang tampak).

- Kesadaran kritis:
     -kesadaran kritis;
        - pencarian analitik-kritis pengetahuan / kehidupan yang lebih baik/humanisasi);
        - pencarian intelektual.......melalui penguraian, penilaian, pembandingan, pengujian unsur-unsur dan hubungan-hubungan; dan pada akhirnya menentukan unsur dan hubungan yang emosional.
        - pencarian dalam rangka menyingkap selubung realitas.




Paulo Freire ?? mari berkenalan

Lahir di Brazil pada tanggal 19 September 1921. Masa kecil Freire akrab dengan kelaparan, kemiskinan, dan peninasan.

Realitas yang timpang memanggil Freire untuk menjadi revolusioner di bidang pendidikan dan politik.

Beberapa pemikiran Freire terluang secara dilalektik pada bukunya yang terkenal Pendidikan Kaum Tertindas.



Sumber : Dr. Kesuma, Dharma. Struktur Fundamental Pedagogik penerbit PT Refika Aditama 2016  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar