Selasa, 13 Desember 2016

Memahami Tim Kerja



Memahami Tim Kerja

A.    Perbedaan Antara Kelompok dan Tim Kerja

Sebuah tim terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja saling bergantung atau interdependenly selama beberapa waktu untuk menyelesaikan tujuan bersama atau common goal yang berkaitan dengan beberapa tujuan yang berorientasi pada tugas atau task-oriented purpuse (Colquitt, LePine, Wesson: 2911:375). Mereka menyatakan bahwa tim adalah tipe khusus dari kelompok, dimana kelompok hanya merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih. Tim dipandang khusus karena: (a) interaksi diantara anggota dalam tim berkisar sekitar ketergantungan lebih dalam satu sama lain daripada interaksi dalam kelompok (b) interaksi dalam tim terjadi dengan tujuan yang berkaitan dengan tugas spesifik dalam pikiran. Meskipun anggota friendship group mungkin terikat dalam pembicaraan singkat atau mendalam berdasar frekuensi, anggota tim tergantung satu sama lain untuk informasi kritis, bahan, dan tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan yang berhubungan dengan maksud untuk bersama.

Jon R. Katzenbach dan Douglas K. Smith menyatakan sebagai suatu kesalahan menggunakan istilah group (kelompok) dan team (tim) saling bergantian. Tim adalah sejumlah kecil orang dengan keterampilan komlementer yang mempunyai komitmen pada maksud bersama, tujuan kinerja dan pendekatan untuk mana mereka menjaga diri mereka saling bertanggung jawab (Kreitner dan Kinicki,2010: 306).

Tim adalah task goup yang telah dewasa untuk tahap performing, konflik atas kekuasaan dan kewenangan serta hubungan interpersonal yang tidak stabil, banyak kelompok kerja tidak pernah dikualifikasikan sebagai real team. Inti dari tim adalah komitmen bersama.

Kelompok kerja menjadi tim ketika : (a) Kepemimpinan menjadi aktivitas bersama, (b) Akuntabilitas bergeser dari sangat individual menjadi bersama antara individual dan kolektif, (c) kelompok mengembangkan maksud dan misinya sendiri, (d) Problem solving menjadi way of life, bukan aktivitas paruh waktu, dan (e) efektivitas diukur oleh hasil dan produk kolektif kelompok (Kretner dan Kinicki, 2010;306)

Perbedaan lain antara kelompok kerja denga  tim kerja dilakukan oleh Robbins dan Judge (2011: 349) sebagai berikut: (a) work group atau kelompok kerja adalah kelompok yang berinteraksi terutama berbagi informasi dan membuat keputusan untuk membantu setiap anggota kelompok melakukan dalam bidang tanggung jawabnya. (b) work team atau tim kerja adalah sebuah kelompok dimana hasil usaha individual dalam kinerja lebih besar dari jumlah masukan individual.


Sumber : Dr Wibowo 2014. Perilaku dalam Organisasi. PT Raja Grafindo Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar