Landasan Pengembangan Kurikulum 2013
Pengembangan Kurikulum 2013 dilandasi secara filosofis,
yuridis, dan konseptual sebagai berikut
A Landasan
Filosofis
a. Filosofis
Pancasila yang memberikan berbagai prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan.
b. Filosofi
pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan
peserta didik, dan masyarakat.
B Landasan Yuridis
a. RPJMM
2010-2014 Sektor Pendidikan, tentang Perubahan Metodelogi Pembelajaran dan
Penataan Kurikulum.
b. PP
No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
c. INPRES
Nomer 1 Tahun 2010, tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan
Nasional, Penyempurnaan Kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan
nilai-nilai budaya bangsa untuk membuat daya saing dan karakter bangsa.
C Landasan Konseptual
a. Relevansi
pendidikan (link and match).
b. Kurikulum
berbasis kompetensi, dan karakter.
c. Pembelajaran
kontektual (contextual teaching and
learning).
d. Pembelajaran
aktif (student active learning).
e. Penilaian
yang valid, utuh, dan menyeluruh.
Sumber
: Sumber : Mulyasa, E 2014 Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.
Penerbit PT REMAJA ROSDAKARYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar