Jumat, 16 Desember 2016

Landasan Pengembangan Kurikulum 2013



Landasan Pengembangan Kurikulum 2013

Pengembangan  Kurikulum 2013 dilandasi secara filosofis, yuridis, dan konseptual sebagai berikut

                        Landasan Filosofis
a.       Filosofis Pancasila yang memberikan berbagai prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan.
b.      Filosofi pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan peserta didik, dan masyarakat.

 B  Landasan Yuridis
a.       RPJMM 2010-2014 Sektor Pendidikan, tentang Perubahan Metodelogi Pembelajaran dan Penataan Kurikulum.
b.      PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
c.       INPRES Nomer 1 Tahun 2010, tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional, Penyempurnaan Kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa untuk membuat daya saing dan karakter bangsa.

  C  Landasan Konseptual
a.       Relevansi pendidikan (link and match).
b.      Kurikulum berbasis kompetensi, dan karakter.
c.       Pembelajaran kontektual (contextual teaching and learning).
d.      Pembelajaran aktif (student active learning).
e.       Penilaian yang valid, utuh, dan menyeluruh.



Sumber : Sumber : Mulyasa, E 2014 Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Penerbit PT REMAJA ROSDAKARYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar